Thursday 28 January 2016

Muncul Organisasi Baru di Eropa bernama “AFR Setia Hati Terate. Siapa Mereka?



Sudah dari dulu saya kaget dengan keberadaan organisasi ini. Mereka tidak berkembang di Indonesia, melainkan di Prancis. Saya bingung “Kenapa nama SH Terate dibawa-bawa?” Gerakannya pun sangat jauh berbeda dengan organisasi milik kita.

Ini adalah sebuah organisasi pencak silat yang saat ini berkembang di negara-negara eropa khususnya di Prancis. Beberapa negara sudah menggunakan jasanya untuk melatih beladiri tentara negara di sana. Organisasi inipun tampil setiap tahunnya di ajang Paris Bercy Martial Art Festival (semacam penampilan beladiri dari seluruh dunia termasuk pencak silat). Organisasi ini bernama Academie Frank Ropers Penchak Silat Setia Hati Terate didirikan oleh pria kelahiran Madiun dan wafat di Belanda bernama Turpijn yang dilanjutkan oleh muridnya bernama Frank Ropers.

Organisasi ini berasal dari PSHT yang berpusat di Madiun. Mereka sengaja menghilangkan unsur pencak silat seperti kembangan untuk menyesuaikan dengan karakter orang-orang eropa. Organisasi ini mengupas teknik-teknik yang ada di PSHT menjadi beladiri taktis. Sempat mendapat protes oleh sesepuh SH Terate pada saat itu.

Mungkin sang pendiri masih berbangga dengan nama SH Terate. Terbukti mereka masih menggunakan nama Setia Hati Terate. Tetapi sebenarnya organisasi ini tidak ada kaitannya dengan Persaudaraan Setia Hati Terate Pusat Madiun mereka sudah berdiri sendiri.

Apakah kita bisa berbangga dengan keberadaan organisasi ini? Ada dua pilihan yang ada dibenak warga SH Terate khususnya :

1.      Warga SH Terate tentunya akan kecewa karena organisasi ini sangat jauh berbeda dengan nilai-nilai PSHT di Indonesia
2.      Warga SH Terate masih bisa berbangga karena organisasi ini membuat nama SH Terate semakin mendunia di eropa.

Sekarang tergantung diri masing-masing warga bagaimana menilainya?
Yang terpenting organisasi ini “TIDAK MEMBUAT MALU NAMA SH TERATE”

6 comments:

  1. mungkin pak turpijn dengan frank roopers gk ada hubungan perguruan mas. beladiri di academic shilat frank roopers campuran antara krav maga israel dan silat.

    ReplyDelete
  2. academie frank ropers lebih menitik beratkan pada beladiri tradisi campuran silat, krav maga dan kali silat philppina.bpk Turpijn mungkin juga bukan saudara SH TERATE kemungkinan beliau dari SH PANTI atau PSH Moenandar hardjowiyjoto.saudara SH TERATE ada yaitu bpk Joep Caverle beliau masih hidup tapi sayangnya vakum dan tidak mengembangkan bela diri SH TERATE.foto beliau banyak beredar di internet saat baru turun gunung lawu bersama mz imam, mz madji, mz kacik ngawi dan mas roem setyo madiun

    ReplyDelete
  3. Ga mas... memang Frank ropper sendiri murid dari bapak turpijin dan bapak turpijin belar silat di psht dan kemudian ke Eropa dan di sana beliau melatih silat dan murid2nya sendiri juga ada yang membuat perguruan sendiri

    ReplyDelete
  4. Membingungkan, tapi pembawaan nama setia hati terate pasti ada asal usulnya

    ReplyDelete
  5. Iya pasti ada asal usul nya,mengapa mereka memakai Nama SH Terate,tidak Nama lain?

    ReplyDelete