Thursday 4 February 2016

Wow..!! PSHT adalah Organisasi Pencak Silat Tertua di Dunia. Ini Penjelasannya!

Oleh : Rokhmat Jevan Aliangga


Pada zaman penjajahan wadah untuk belajar pencak silat biasa disebut Perguruan Pencak Silat. Perguruan biasanya terdiri dari seorang guru dan beberapa orang murid untuk dilatih beladiri. Perguruan sifatnya terbatas hanya dalam cakupan wilayah yang lebih kecil inilah yang menjadi kelemahan sistem perguruan dibanding dengan sistem organisasi.

Persaudaraan Setia Hati Terate adalah organisasi pencak silat yang lahir di Madiun. Awal berdirinya bernama SH Pencak Sport Club didirikan pada tahun 1922 oleh Alm Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Pada saat itu masih berstatus sebagai perguruan pencak silat tepatnya di desa Pilangbangau – Kodya Madiun Jawa Timur.

Sejarahnya sudah jelas, berikut ini adalah cuplikan singkat tentang sejarah perubahan PSHT dari perguruan menjadi organisasi. Tiga tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan yaitu tahun 1948 SH Terate. Atas prakarsa Soetomo Mangku Negoro, Darsono, serta saudara seperguruan lainnya diadakan konferensi di Pilangbangau (di rumah Alm Ki Hadjar Hardjo Oetomo). Dari konferensi itu lahirlah ide-ide yang cukup bagus, yakni SH Terate yang semenjak berdirinya berstatus “Perguruan Pencak Silat” dirubah menjadi organisasi “Persaudaraan Setia Hati Terate”. Selanjutnya Soetomo Mangkudjajo diangkat menjadi ketuanya dan Darsono menjadi wakil ketua. (cuplikan dari situs resmi sh terate madiun)

Ada beberapa alasan mengapa PSHT disebut sebagai organisasi pencak silat tertua di dunia. berikut alasannya :
1.      Tahun yang sama dengan berdirinya IPSI
Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) merupakan organisasi wadah seluruh perguruan pencak silat yang ada di Indonesia. IPSI berdiri pada tahun 1948, beberapa pelopor berdirinya IPSI berasal dari PSHT. Seperti yang dijelaskan di dalam situs resmi PERSILAT menyatakan bahwa IPSI merupakan organisasi pencak silat tertua di dunia. Pada tahun yang sama pula SH Terate merubah diri dari perguruan menjadi organisasi, dengan demikian SH Terate bisa dikatakan sebagai organisasi silat tertua didunia.
Mengapa bukan IPSI menjadi yang tertua?
Karena IPSI adalah bentukan pemerintah tidak berlatar belakang perguruan sementara SH Terate awalnya adalah perguruan.

2.      Tidak cukup bukti bagi perguruan lain yang menggunakan istilah “organisasi”
Banyak perguruan silat yang menggunakan istilah organisasi pada namanya, seperti contoh SHO (Setia Hati Organisasi), PO (Pencak Organisasi). Meskipun banyak perguruan lain yang menggunakan nama organisasi tetapi belum sepenuhnya menerapkan kaidah-kaidah keorganisasian. Di perguruan silat Setia Hati Organisasi penerapan organisasi baru dilakukan tahun 50-an. Sementara perguruan PO tidak dijelaskan kapan dimulainya sistem organisasi dan tidak dijelaskan pula siapa saja yang pernah menjabat sebagai ketuanya.

Sudah saatnya kita sebagai generasi penerus dan melebarkan sayap dan mengembangkan ilmu SH Terate hingga ke pelosok dunia. Demikian sedikit argumen dari kami, kalau ada salah mohon dikoreksi. Salam dari kami PSHT Ranting Candipuro Kab. Lumajang.

21 comments:

  1. salam persaudaraan
    dari ranting KUtai timur.

    ReplyDelete
  2. salam PersaudaraaN. dari Wonogiri ujung timur. ikut cabang Ponorogi

    ReplyDelete
  3. Salam......samarinda ,kaltim

    ReplyDelete
  4. Lamper, kalau ndak salah psht ada kumpulan dari beberapa jenis pencak silat , termasuk dari sumatra barat. Jadi menurut saya kurang tepat judulnya...........

    ReplyDelete
  5. Jurus dari sumbar padang alai 1,yg paling terkenal.sipai minang kabau dari datuak rajo batuah yaitu jurus kunci 36 ,warisan sumbar

    ReplyDelete
  6. yups mas anggi, betul sekali

    ReplyDelete
  7. yups mas anggi, betul sekali

    ReplyDelete
  8. salam semua saudara2 silat di nusantara.knp hanya silat di pulau jawa dan minangkabau saja yg di publikasikan.sdgkan di makassar dengan nama SENDENG.adalah salah satu silat yg tidak kalah bagus.dan salah satu beladiri yg di larang di pertandingkan di indonesia.knp di larang.karna ini lah salah satu beladiri yg paling berbahaya di nusantara.pelaut kapal pinisi sj.waktu jaman dulu.kl mengadu kekuatan di kapal.cuma jembatan dari papan sj menyebrang ke kapal sebelahx untuk bertarung.dan di makassar pernah juga ada guru besar yg bernama baba CANG NGEA.bahkan pernah mengalahkan ahli kungfu dr singapura.dan sampai skrg msh byk murid beliau yg masih hidup.dan salah satu muridx adalah bapak sy sendiri.di makassar byk jg beladiri yg tidak kalah bagus.cm di makassar kami di larang untuk mempublikasikan.karena ini lah salah satu yg di sebut RAHASIA oleh org makassar.di larang memperlihatkan gerakan beladiri kami.salam sipakatau.

    ReplyDelete
  9. salam semua saudara2 silat di nusantara.knp hanya silat di pulau jawa dan minangkabau saja yg di publikasikan.sdgkan di makassar dengan nama SENDENG.adalah salah satu silat yg tidak kalah bagus.dan salah satu beladiri yg di larang di pertandingkan di indonesia.knp di larang.karna ini lah salah satu beladiri yg paling berbahaya di nusantara.pelaut kapal pinisi sj.waktu jaman dulu.kl mengadu kekuatan di kapal.cuma jembatan dari papan sj menyebrang ke kapal sebelahx untuk bertarung.dan di makassar pernah juga ada guru besar yg bernama baba CANG NGEA.bahkan pernah mengalahkan ahli kungfu dr singapura.dan sampai skrg msh byk murid beliau yg masih hidup.dan salah satu muridx adalah bapak sy sendiri.di makassar byk jg beladiri yg tidak kalah bagus.cm di makassar kami di larang untuk mempublikasikan.karena ini lah salah satu yg di sebut RAHASIA oleh org makassar.di larang memperlihatkan gerakan beladiri kami.salam sipakatau.

    ReplyDelete
  10. SalamPersaudaraan dari dulor BOJONEGORO menyapa 1922...

    ReplyDelete
  11. Yang tertua ituh silat cimande bro

    ReplyDelete
  12. Taek omong kosong. Psht itu perguruan baru

    ReplyDelete
  13. rumput tetangga lebih subur dan hijau wkwk banyak yg iri biarlah tak tau sejarah
    salam PersaudaraaN dari lamongan jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya silat cimande yg tua mah 1760 an.

      Delete
  14. Bukannya yg tertua adalah padjadjaran cimande?atau yg sering dibilang kbpc,karna "Silat Cimande adalah salah satu aliran pencak silat tertua yang telah melahirkan berbagai perguruan silat di Indonesia bahkan di luar negeri. Banyak versi yang menjelaskan tentang berdirinya pencak silat ini, semua komunitas Maenpo Cimande sepakat tentang siapa penemu Maenpo Cimande, semua mengarah kepada Abah Khaer (penulisan ada yang: Kaher, Kahir, Kair, Kaer dan sebagainya. Abah dalam bahasa Indonesia berarti Eyang, atau dalam Bahasa Inggris Great Grandfather). Tetapi yang sering diperdebatkan adalah dari mana Abah Khaer itu berasal dan darimana dia belajar Maenpo. Menurut Bapak Rifai (Guru Pencak Silat Cimande Panca Sakti di Jakarta pada tahun 1993).
    Sementara menurut versi Keluarga Besar Padjadjaran Cimande pencak silat cimande diciptakan oleh para Alim Ulama yg memiliki ilmu lahir batin dari hasil Istiqoroh. Diciptakan oleh para Alim Ulama pada tahun 1835 Yaitu : Embah Choer, Ayah Ursi, Eyang Atje, Ayah Otjod ( Embah H. Abdullah Somad ) yang meninggal pada saat jadi Haji, yang makamnya terletak di tarikolot Cimande Kab. Bogor.
    Kemudian di kembangkan di pelosok tanah jawa oleh Embah Khoer / Embah Khair pada tahun 1835 dan beliau mempunyai murid utama bernama Embah Dato yang istilah Dato. Cimande sendiri adalah nama kali yang selalu dipergunakan untuk mandi dan wudhu oleh para santri-santri diwaktu siang dan malam sehingga disebut Cimande . Asal kata dari : cai iman anu hade. Di sanalah daerah pesantren banyak para kiayi dan ulama-ulama mengajarkan ilmu beladiri Pencak Silat kepada santri-santrinya. Terletak daerah 20 km dari Kota Bogor, Tari Kolot Cimande, terletak di Desa Lembah Duhur, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor.
    Seiring berjalannya waktu maka bermunculan organisasi-organisasi perguruan pencak silat yang beraliran Cimande salah satu diantaranya adalah Keluarga Besar Padjadjaran Cimande (KBPC). Berdiri pada tanggal 23 Februari 1962 oleh Guru Besar Bapak Kibagus Mochammad Djamhari. Alamat sekretariat Komp. Bojong Depok Baru, Desa Sukahati Cibinong. Berikut adalah foto Almarhum Guru Besar Kibagus Mochammad Djamhari dan logo kebesaran Keluarga Besar Padjajaran Cimande ( KBPC)."

    ReplyDelete
  15. Saya merupakan anggota dari PSHT
    Dari pemahaman yang saya peroleh bahwa perguruan pencak silat yang paling tua adalah Cimande
    Dmana dulu eyang suro juga mempelajari dari jurus" cimanCi
    Dmana semua jurus yang ada di PSHT merupakan gabungan dari berbagai perguruan di pelosok Nusantara ini

    ReplyDelete
  16. Kalau cimande asli adalah cimande yang berdiri 1760 yang di dirikan mbah khoir.. Ini tidak bergabung di pagar nusa dan independen di jawa barat...
    Bukan kah eyang suro juga berguru di Cimande...?
    .
    .
    Sekarang lihat saja di Indonesia ada 4 Pencak Silat Legendaris yang berdiri pada abad ke 17.. Ini adalah pondasi pencak silat indonesia.. Yaitu Cimande, Cikalong, Cikobra dan Satu nya lupa.. . Ini semua bergabung di pagar nusa... .

    ReplyDelete
  17. Salam santun ke semua nya saya dari silat dari silat tjimande...
    Salam kenal aja ya..
    #Save1760

    ReplyDelete