Friday 5 February 2016

3 Alasan Mengapa PSHT disebut Sebagai Aliran Pencak Silat Terbesar di Indonesia.



Pencak silat sebagai budaya asli Indonesia sangat berperan penting dalam membebaskan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Pencak silat sendiri merupakan wujud dari rasa cinta tanah air dalam rangka bela negara yang diwakilkan oleh kalangan masyarakat.  Dalam kurun waktu yang lama bangsa Indonesia telah banyak melahirkan berbagai macam aliran pencak silat yang tersebar di Indonesia. Salah satu aliran pencak silat yang disebut-sebut sebagai aliran pencak silat terbesar di Indonesia adalah Persaudaraan Setia Hati Terate.

PSHT merupakan jenis aliran pencak silat yang didirikan di Madiun Jawa Timur. Hampir satu abad berdiri organisasi ini telah menjelma menjadi organisasi yang paling disegani. PSHT berkembang dan melebarkan sayapnya sampai ke pelosok negeri menjadikan organisasi ini terbesar se Indonesia. Tiga alasan utama ini menjawab mengapa PSHT disebut sebagai aliran pencak silat terbesar di Indonesia, berikut alasannya :

1.      Tujuan yang mulia
Sudah jelas kalau sebuah organisasi yang mempunyai tujuan yang baik akan terus dicari. Tujuan SH Terate yaitu membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah. Merupakan titik puncak dari ajaran SH Terate yang sudah dikembangkan selama ini.

2.      Tiap tahun anggota tetap selalu bertambah
Setiap bulan Muharam SH Terate terus mengesahkan anggotanya menjadi anggota tetap. Pengesahan dilakukan diseluruh negeri tak terkecuali di luar negeri. Tiap tahunnya organisasi PSHT rata-rata bisa mengesahkan sekitar 40.000 warga baru dari seluruh Indonesia termasuk luar negeri.

3.      Tidak ada istilah pengurangan jumlah anggota
SH Terate tidak mengenal dengan pengurangan anggota. Siapa saja mereka yang bergabung hingga disahkan menjadi warga tingkat 1, maka selamanya akan terus menjadi anggota kecuali kematian.

Tiga alasan utama inilah yang menjadikan SH Terate menjadi aliran pencak silat terbesar di Indonesia. Maka tidaklah cukup berbangga bila kesuksesan PSHT tidak diimbangi dengan turut serta mengembangkan ilmu SH Terate dimanapun berada.

No comments:

Post a Comment